Home » » cara menggunakan blow dryer

cara menggunakan blow dryer

Pengeringan rambut secara alami mungkin lebih sehat dan natural. Tapi blow dryer, jika dilakukan dengan hati-hati dan teknik yang benar, bukan hanya akan menjaga agar rambut tetap kering. Tapi juga akan menambahkan keindahannya, tanpa menimbulkan efek samping yang negatif.
Jadi, jika kamu sering menemukan bagian yang basah di bagian punggung, dan merasa bingung karena tidak tahu bagaimana cara mengeringkan rambut dengan cepat, maka kamu bisa menggantikan kebiasaan lama dengan cara memperbaiki teknik pengeringan rambut menggunakan blow dryer.
Berikut ini langkah-langkahnya:
1. Bersihkan rambut. Kamu bisa menggunakan shampo yang biasa di gunakan. Tapi untuk mendapat efek blow dryer yang lebih baik, juga untuk perlindungan, cobalah untuk menggunakan shampo yang mengandung moisturiser (atau biasa di sebut dengan shampo untuk rambut kering.) Sebab, shampo yang mengandung moisturiser tersebut akan memberikan kelembaban yang extra yang akan melindungi rambut dari efek blow dryer.
Shampo ini juga akan melindungi rambut dari panas yang disebabkan oleh prosedur lain, misalnya pelurusan atau pengeritingan rambut. Dan juga, akan mempertahankan kelembaban rambut. Kamu juga tidak harus membeli merek shampo yang mahal. Shampo yang mengandung moisturiser banyak tersedia dalam berbagai variasi harga.
2. Keringkan rambut dengan handuk. Tidak harus sampai kering benar, cukup sampai tidak ada lagi air yang menetes dari rambut. Jangan menggosok rambut dengan handuk, karena itu akan menyebabkan rambut menjadi bercabang, terlalu kering dan merusak rambut. Akan lebih baik jika kamu membungkusnya secara lembut dengan handuk, kemudian tekan.
Jika rambut mu terlalu pendek untuk menggunakan teknik di atas, cukup tutupi bagian atas kepala dengan handuk, dan gosok secara sangat perlahan dan gunakan gerakan memutar. Jangan menggosok terlalu cepat atau menggunakan tangan, dan jika mulai terasa sakit, hentikan. Lagi pula, rambut tidak harus terlalu kering setelah menggunakan handuk. Cukup sampai tidak ada lagi air yang menetes dari rambut.
3. Pisahkan rambut menjadi beberapa bagian. Semakin banyak jumlah rambut dalam satu kelompok, berarti semakin lama pula bagian tersebut akan kering. Akan lebih baik jika kamu membaginya menjadi 3-6 bagian, tapi pastikan bahwa tidak ada yang kusut. Jika rambut mu tebal atau panjang, cobalah untuk menggunakan penjepit. Tapi jika rambut mu pendek, cukup pisahkan menjadi dua bagian.
4. Mulailah menggunakan blow dryer dari bagian atas/akar, sekitar 6 inchi jauhnya dari kulit kepala. Pertahankan jarak ini agar tidak ada yang terbakar. Jangan pernah menggunakan blow dryer dengan gerakan dari bawah ke atas. Sebab, itu akan menyebabkan kerusakan. Juga, dengan mengeringkan rambut di bagian kulit kepala, itu akan mencegah hilangnya kelembaban dari rambut.
5. Lanjutkan dari atas ke bawah, dan ingat, gunakan gerakan memutar agar tidak ada yang terbakar. Jika kamu terlalu lama menempatkan dyer pada satu titik, itu akan membuat bagian tersebut menjadi sangat kering dan terbakar. Jadi, gunakan gerakan yang membuat rambut menjadi kering secara perlahan.
6. Biarkan rambut sedikit basah. Jangan mengeringkan rambut sampai seluruh bagian kepala menjadi kering seluruhnya. Dengan begitu, rambut tidak akan menjadi terlalu kering, dan kaku atau rusak. Berikan sedikit kelembaban yang cukup, tapi tidak sampai membasahi pakaian, dan rambut tersebut akan kering secara alami setelah 5-10 menit.7. Selesaikan dengan hembusan udara dingin untuk mempertahankan kemilau nya. Sikat rambut dengan lembut, atau sisir dengan tangan. Jika memang di perlukan, gunakan moisturiser atau serum anti-frizz. Kamu bahkan boleh menggunakan sedikit olive oil dengan pilihan yang lebih natural. Ini akan menjaga agar rambut tetap cerah, lembut, dan kering sepanjang hari.
Tips

    Jangan menggunakan blow dyer saat rambut masih sangat basah, sebab itu sama saja dengan merebusnya. Jadi, gunakan handuk terlebih dulu.
    Selalu gunakan blow dry dengan gerakan dari atas ke bawah. Itu akan mencegah rambut menjadi kaku dan bercabang.
    Usahakan janga terlalu sering menggunakan blow dyer, jangan lebih dari 3 kali seminggu. Jadi, gunakan hanya pada saat benar-benar di butuhkan dan gunakan sehemat mungkin.
    Jika rambut mu terlalu pendek, membungkusnya dengan handuk mungkin sudah cukup, atau gunakan blow dyer tidak lebih dari 2 menit.
    Sebaiknya gunakan moisturiser hair spray, anti-frizz cream, atau conditioner setelah selesai menggunakan blow dyer. Itu untuk mencegah rambut agar tidak terlalu kering. Gunakan juga olive oil untuk membuatnya tampak lebih sehat dan lembut.
    Jangan terburu-buru. Biar lambat asal selamat.
    Jangan menyikat rambut saat sedang basah, umumnya menyisir rambut dengan tangan sudah cukup untuk merapikan rambut.
    Jaga kebersihan sikat dan sisir.
    Potong rambut setiap 6-8 munggu sekali, untuk membuat rambut yang bercabang.

Peringatan

    Jika kulit kepala mulai terbakar, segera hentikan!
    Blow dyer itu hanya untuk rambut, dan bukan untuk yang lain. Jangan menggunakannya untuk mengeringkan tubuh. Sebab itu akan merusak kulit.
    Saat rambut sedang lembab atau basah, gunakan pengikat rambut yang tebal, jangan yang tipis. Sebab, yang tipis akan menyebabkan rambut menjadi kusut
    Jangan menggunakan blow dyer saat rambut masih meneteskan air.
    Blow dyer bisa menyebabkan sakit kelapa jika di gunakan untuk jangka waktu yang lama. Jadi, jangan pernah menggunakannya lebih dari 1 jam.
    Jangan menggunakan sisir. Gunakan sikat rambut yang lembut.
    Hindari menggunakan blow dyer pada rambut yang baru di cat.
    Hindari menggunakan blow dryer di dekat bak mandi, itu sangat berbahaya.
Share this article :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

newer posts newer posts homeMsg