Home » » Formula Satu: Kontroversi Teknis atas Sayap 'F-duct'

Formula Satu: Kontroversi Teknis atas Sayap 'F-duct'


Melbourne (AFP/ANTARA) – Pimpinan Red Bull Christian Horner, Jumat, mengatakan bahwa tim Formula Satu akan dipaksa untuk menyalin desain sayap belakang baru Mercedes setelah itu dinyatakan memenuhi syarat oleh panitia, dalam kontroversi pertama teknis tahun ini.

Horner mengatakan, Mercedes telah menemukan "solusi kreatif" aturan yang melarang apa yang disebut F-duct, yang mengalihkan aliran udara untuk agar tidak tertahan. Dan ia mengatakan tim lain akan tidak memiliki pilihan lain kecuali mengikutinya.

"Jika tim telah menemukan solusi kreatif untuk menyiasati suatu peraturan, maka akhirnya sampai ke FIA," kata Horner, menjelang pembukaan musim Grand Prix Australia, hari Minggu.

"Tak pelak jika tim telah menemukan rute, maka itu adalah rute yang tim lain harus ikuti -- dan jelas ada biaya yang terlibat dalam hal itu."

Perangkat belakang sayap inovatif adalah bagian dari desain yang bertujuan untuk meningkatkan garis lurus kecepatan, terutama ketika Drag Reduction System (DRS) mobil bergerak.

Kepala Teknis Federasi Otomotif Internasional (FIA) Charlie Whiting mengatakan Kamis, bahwa lembaga yang berkuasa itu tidak punya masalah dengan desain sayap belakang Mercedes.

Bos Mercedes Ross Brown membantah desain baru adalah "perdebatan" dan mengatakan timnya "benar-benar nyaman" bahwa mereka beroperasi sesuai aturan.

"Ya, kami memiliki sistem dan kami tidak percaya ada sesuatu yang diperdebatkan tentang itu," katanya.

"Tapi, apakah kita adalah yang pertama, atau bukan yang pertama, untuk memiliki sebuah sistem yang saya tidak tahu. Tapi apa sistem ini, saya tidak akan menjelaskan!"

Brawn menambahkan bahwa ia juga akan mengharapkan desain yang sama untuk tampil di sayap mobil saingan, jika tim lain percaya itu akan memberi mereka keuntungan.

"Kami sangat nyaman dengan apa yang kita lakukan -- dan semua orang mencari untuk melakukan perbaikan sepanjang waktu," katanya.

"Kami akan melihat beberapa bulan ke depan bagaimana perkembangannya, tetapi jika tim merasa itu adalah ide menarik yang kita punya, maka akan berkembang pada mobil lainnya.”

"Kami tidak melihatnya di tempat lain, atau mereka telah menyimpulkan tidak berharga, tapi saya tidak akan mengatakan apa itu."

Brawn juga mengatakan bahwa, dalam pandangannya, tidak ada definisi resmi dari F-duct", dan karena itu, tidak bisa dilarang. (nm/mp/jk)
Share this article :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

newer posts newer posts homeMsg