Home » » penyebab utama kulit kering

penyebab utama kulit kering

Kulit kering adalah masalah umum yang harus dihadapi oleh banyak orang. Penyebab utamanya antara lain sabun yang terlalu keras, pakaian yang membuat gatal, menggunakan pelembab yang salah, dan mandi dengan air yang terlalu panas.
Tapi bukan itu saja, obat-obatan juga memberi pengaruh dan bisa menyebabkan kulit menjadi kering. Mereka yang menderita diabetes, psoriasis, hypothyroidism, dan kurang nutrisi, juga akan mengalami kulit kering.
Menurut pakar kecantikan kulit, kesehatan tubuh seseorang akan sangat dipengaruhi oleh daya tahan kulitnya terhadap serangan infeksi. Jika anda membiarkan kulit menjadi kering dan pecah-pecah, itu sama artinya dengan memberikan kesempatan pada bakteri untuk masuk ke dalam tubuh. Yang akan mengakibatkan gangguan yang lebih serius lagi.
Apa yang membuat kulit menjadi kering? Biasanya, kulit menjadi kering itu diakibatkan oleh sesuatu yang ada di sekitar. Atau sesuatu yang anda lakukan terhadap kulit, yang menyebabkan minyak yang ada di dalam kulit menjadi hilang, dan meninggalkan kulit tanpa perlindungan. Penyebab lain yang agak jarang di temui biasanya berasal dari dalam. Misalnya kondisi kesehatan atau genetik.
Berikut ini 4 penyebab utama kulit kering:

    Udara yang kering. Sementara cuaca dingin dan panas juga bisa menyebabkan kulit menjadi kering, problem terbesar akan datang dari udara yang kering. Untuk mengatasinya, mulailah dengan moisturizer atau pelembab. Usahakan untuk membuat suhu ruangan menjadi lebih sejuk. Gunakan topi, syal dan sarung tangan saat hendak keluar rumah.

    Air panas. Terlalu lama bersentuhan dengan air, terutama air panas, akan menghilangkan minyak alami yang berfungsi untuk melindungi kulit. Saat selesai berendam atau mandi, dan kulit terasa kaku, itu berarti kulit anda telah kering. Untuk mencegahnya, jangan mandi dengan air yang panas, gunakan air hangat. Setelah itu, keringkan tubuh anda dengan handuk dengan cara menepuk-nepuknya, bukan dengan cara menggosoknya. Dan terakhir, gunakan moisturizer.

    Sabun. Sabun adalah penyebab utama hilangnya minyak alami yang berfungsi untuk melindungi kulit. Dan kita sering menggunakannya. Untuk mengatasinya, gunakan sabun untuk bagian-bagian tubuh tertentu saja. Misalnya wajah, tangan, kaki, lipatan paha, dan ketiak. Dan jangan terlalu sering mencuci tangan dengan sabun. Sebab, itu juga bisa menyebabkan kulit menjadi kering dan pecah-pecah. Jangan sembarang memilih sabun. Untuk mereka yang berkulit kering, gunakan sabun yang lebih ringan dan lembut.

    Pakaian. Kulit yang kering rentan terkena iritasi. Jadi, terlalu sering membiarkan kulit bersentuhan dengan pakaian yang membuat anda merasa tidak nyaman. Sebab, itu akan membuat kulit anda menjadi kering dan gatal. Gunakanlah pakaian yang membuat anda merasa nyaman. Dan pastikan bahwa pakaian itu tidak terlalu sempit, sebab hal itu juga akan membuat kulit ter-iritasi.

Kulit yang sehat, adalah kulit yang terawat. Jadi, hindari sebisa mungkin empat alasan yang baru kita diskusikan diatas. Dan gunakanlah produk-produk perawatan kulit yang berkualitas, yang bisa mengembalikan nutrisi dan mineral yang hilang dari kulit.
Share this article :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

newer posts newer posts homeMsg