Home » » perawatan untuk jenis kulit sensitif

perawatan untuk jenis kulit sensitif

Semakin hari, semakin banyak orang yang memiliki kulit sensitif. Jenis kulit ini merupakan jenis kulit yang paling rentan. Kulit jenis ini mudah terkena iritasi. Misalnya pada saat tergores, tersengat, di gosok, dan di garuk. Jenis kulit ini juga selalu membutuhkan perawatan yang khusus.
Setiap kali di bersihkan, kulit akan terasa kering dan gatal. Saat tengah hari, pada bagian-bagian tertentu akan terasa kaku, memerah, dan pecah-pecah. Dan pada umumnya mereka yang berkulit sensitif tidak bisa menggunakan kosmetik yang ada di pasaran.
Setelah mengetahui tentang jenis kulit, entah itu sensitif ataupun tidak, kamu harus berhati-hati saat memilih produk untuk kulit mu. Selalu teliti dan cermati setiap produk. Carilah jenis produk yang paling aman yang ada di outlet. Jangan pernah menggunakan kosmetik yang mengandung alcohol, mengandung zat perasa dan pewarna buatan.
Jangan pernah gunakan pembersih atau sabun pada wajah, itu karena kulit yang sangat rentan terkena iritasi yang mengakibatkan rasa tidak nyaman. Gunakanlah lotion hypo allergic cleansing. Gunakan moisturizer, karena itu akan membuat kulit menjadi lembut dan lentur, dan mampu mencegah iritasi. Berhati-hatilah saat menggunakan memilih moisturizer. Pilihlah moisturizer yang bebas parfum.
Lakukan hal-hal yang perlu diperhatikan:

    Lakukan test terhadap reaksi allergi pada lengan bagian dalam saat tergoda untuk membeli produk baru di pasaran. Jika kulit mulai terasa seperti terbakar atau menjadi gatal setelah beberapa menit mencoba produk, bersihkan kulit secepatnya.
    Setiap enam bulan sekali, buang semua produk yang bisa mengundang bakteri, misalnya eyeliner dan maskara.
    Jangan gunakan bahan tambahan yang tidak bisa bercampur dengan sempurna. Pilihlah lotion yang lembut, misalnya mawar air.
    Jika mendapatkan reaksi saat menggunakan produk tabir surya, jangan gunakan tabir surya yang tahan air karena banyak mengandung minyak sintetik. Semakin sering menggunakan tabir surya, maka akan semakin baik. Sebab, tabir surya itu akan melindungi dari berbagai zat kimia yang bisa berakibat buruk pada kulit sensitif.
    Saat memilih produk kosmetik, selalu periksa apakah akan menimbulkan reaksi allergi, dan pilihlah yang mengandung bahan kimia seminim mungkin.
    Jangan mencoba produk kosmetik secara langsung pada wajah, sebelum mencobanya di bagian tubuh lain.
    Jangan membiarkan kulit terkena radiasi dan jangan pernah keluar tanpa tabir surya.

Dengan sedikit perhatian dan ke hati-hatian, tidak ada alasan bahwa kulit sensitif tidak bisa sesehat kulit normal. Mereka yang berkulit sensitif hanya perlu sedikit berhati-hati mengenai perawatan kulit nya, dan saat ingin mencari produk kosmetik. Mengetahui dan memahami kulit adalah hal terpenting yang akan membuat kulit menjadi sempurna, sehat, cantik dan terawat.
Share this article :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

newer posts newer posts homeMsg